Ratusan Bintang EPL Tertipu Skandal Investasi Eks PM

Ratusan Bintang EPL Tertipu Skandal Investasi Eks PM

Total lebih dari 100 bintang serta eks pesepakbola sepak bola di liga Inggris, dilaporkan menjadi korban skandal investasi. Pihak otoritas pajak Kerajaan Inggris malahan memperkirakan jumlah kerugian mencapai £1 miliar atau lebih dari Rp 20 triliun.

Dikutip dari Mirror, Hari Selasa, 10 November 2015, diberitakan bahwa lebih dari 100 pemain menjadi klien dari David McKee serta Kevin McMenamin. Keduanya adalah pemilik perusahaan manajemen aset Kingsbrige.

Perusahaan itu menawarkan investasi di bidang perfilman serta properti. Formasi investasi perfilman adalah program yang digagas Gordon Brown, ketika menjabat sebagai pertama menteri (PM) Inggris.

Saat itu ia menyebutnya sebagai upaya, untuk memajukan industri perfilman Inggris. Para investor yang terlibat dalam sebuah proyek film, akan mendapatkan keuntungan dengan pemotongan pajak.

Proses investasi berjalan dengan penyerahan dana pada Kingsbridge, yang selanjutnya menginvestasikannya untuk proyek pembuatan film. Pemotongan pajak sampai sebesar £400.000 selanjutnya diberikan pada investor.

Tapi dana pemotongan pajak, itu langsung ditanamkan pada bisnis properti di Spanyol serta Florida, Amerika Serikat (AS). Namun harga properti selanjutnya jatuh, serta nilai investasi mereka hancur.

Angka kerugian yang diderita para pemain, itu disebut setidaknya £100 juta. Tapi eks penyelidik HMRC Stuart Cotton, yakin jumlah sejatinya dapat mencapai lebih dari £1 miliar.

Sejumlah eks pemain yang menjadi korban, antara lain bekas bintang Manchester Utd Rio Ferdinand yang kehilangan £24 juta. Lainnya sebagaimana Martin Keown (Arsenal), Kevin Campbell (Arsenal), Danny Murphy (Liverpool) serta Andy Cole (Manchester United).

Related posts